Pengertian Premi, Polis, Dan Klaim Dalam Asuransi Lengkap

Pengertian Premi Asuransi – Memiliki perlindungan dalam segala hal memang diperlukan banyak orang, apalagi saat ini muncul berbagai resiko kesehatan, kecelakaan, bencana hingga penyakit. Karena itulah banyak orang yang memilih memakai asuransi. Dengan asuransi maka si pemegang polis akan ditanggung resikonya berdasarkan produk asuransi yang dipilih. Hal ini memang muncul sesuai kebutuhan manusia akan perlindungan resiko yang mungkin terjadi seperti resiko dihari tua. Banyak orang yang merasa kehidupan dimasa depan memiliki tanggungan seperti resiko kematian.

Pengertian Premi Asuransi, Klaim, Polis

Pengertian Premi Asuransi

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan berbagai produk asuransi. Asuransi yang banyak dipilih seperti asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan karena memiliki resiko yang cukup besar. Namun, sebelum anda menentukan asuransi mana yang harus anda pilih, ketahuilah istilah yang ada dalam asuransi seperti premi asuransi, polis, dan klaim. Nah, akan saya jelaskan pengertian lebih lengkap dalam postingan kali ini. Langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Premi Asuransi

Memasuki perasuransian pasti kita pernah mendengar yang namanya premi asuransi, apa definisinya ? Premi adalah sejumlah dana atau uang yang harus dibayarkan tiap bulan karena sebab mengikuti perasuransian dengan ketetapan wajib dibayarkan. Besarnya premi dalam asuransi memang berbeda-beda karena disesuaikan dengan produk asuransi, kelas asuransi hingga jenis yang dipilih. Dengan adanya asuransi ini, pihak pemegang asuransi bisa ditanggung resiko tertentu sesuai asuransi yang dipilih.

Pemberian uang wajib tersebut akan dikelola dan dikembangkan terlebih dahulu oleh pihak insurance dengan tujuan untuk bisa memunculkan dana penaggungan. Pengeluaran biaya untuk menanggung resiko peserta asuransi juga disesuaikan dengan harga premi yang dibayarkan. Karena itulah sebaiknya anda menyesuaikan kebutuhan anda atau lebih baik menyesuaikan biaya asuransi berdasarkan penghasilan anda. Karena premi bisa memunculkan benefit atau kerugian bagi pemegang polis jika tidak adanya klaim.

Pengertian Polis Asuransi

Selain premi, dalam asuransi juga biasa didengar polis, apa itu polis ? Polis asuransi adalah perjanjian adanya asuransi sebagai pertanggungan yang disepakai (Konsensual), umumnya perjanjian asuransi antara seseorang dengan perusahaan dilampirkan secara tertulis. Hal ini sebagai pertanggung jawaban dan sebagai bukti terkaitnya peserta dengan perusahaan. Nah, intinya polis adalah sebuah perjanjian antara peserta dengan perusahaan mengenai adanya asuransi.

Dengan adanya polis asuransi ini, maka tertanggung akan terjaga dari aset asuransi tersebut. Perjanjian tersebut memuat beberapa ketentuan seperti produk, jenis hingga harga premi yang telah disepakati. Dengan adanya perjanjian tersebut maka ketentuan dan masa berlaku asuransi harus disepakati agar menentukan klaim bila terjadi resiko kesehatan, bencana, kecelakaan hingga perjalanan.

Simak Juga : Alasan Memilih Asuansi Kendaraan Bermotor

Pengertian Klaim Asuransi

Selanjutnya ada klaim asuransi, apa itu klaim dalam asuransi ? seperti namanya klaim / claim berarti mengakui atau mengambil. Dalam asuransi, kaim adalah sebuah permintaan dari peserta asuransi kepada perusahaan untuk meminta dana atau pembayaran yang sudah ditentukan dalam perjanjian. Mengajukan klaim asuransi tidak langsung disetujui karena harus melewati ketentuan yang ada dan ketika sudah diterima maka pihak perusahaan asuransi akan membayarkan dana sejumlah yang sudah ditentukan. Saat ini banyak perusahaan asuransi yang memiliki proses klaim berbelit-belit, karena itulah anda harus cari perusahaan asuransi besar dan terpercaya untuk menghindari kerugian.

Nah, itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai definisi premi, polis dan klaim. Ketiga istilah tersebut memang sering kali kita dengar, namun sebenarnya masih banyak istilah lain seperti penangguh, tertanggung dan underwriting. Oke, mungkin itu saja penjelasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Dengan memahami dasar pengertian dalam asuransi maka anda bisa lebih lanjut memahami bagaimana memilih asuransi yang cocok sesuai basis dan kebutuhan anda. Sekian saja yang dapat saya sampaikan, jangan lupa baca artikel lainnya mengenai asuransi.

%d blogger menyukai ini: