Pengertian Asuransi Kesehatan, Manfaat, Jenis Jenis

Pengertian Asuransi Kesehatan – Dalam kehidupan ini, meman kita sebagai manusia perlu waspada dengan resiko kesehatan yang mungkin saja terjadi. Sebab itulah kita perlu menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan, tidak makan sembarangan dan rutin berolahraga. Namun, yang namanya nasib memang tidak diketahui, bisa jadi seseorang terkena peyakit atau kecelakaan padahal ia sudah berjaga-jaga mengenai resiko tersebut. Tidak selamanya seseorang mengandalkan kemampuan sendiri untuk menangani berbagai resiko dalam kesehatan. Sebab itulah saat ini sering sekali orang memakai asuransi kesehatan karena dinilai berguna bagi kebutuhan mereka. Apasih yang dimaksud asuransi kesehatan ? Sebutkan jenis jenis asuransi kesehatan ! Apasih manfaat asuransi kesehatan?. Pertanyaan itu semua akan saya jawab pada pertemuan kali ini.

Pengertian Asuransi Kesehatan Manfaat Jenis Jenis

Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan kian dikenal luas di Indonesia dan menjadi salah satu aset yang trends dipakai. Asuransi kesehatan adalah asuransi yang bergerak pada bidang perlindungan atau proteksi dalam hal kesehatan, bisa jadi proteksi mengenai resiko kesehatan seseorang. Memang produk asuransi yang satu ini memang sudah disediakan secara luas oleh perusahaan asuransi karena banyak sekali pemakainya seperti halnya asuransi jiwa namun berbeda dalam hal proteksi.

Asuransi kesehatan memiliki perkembangan yakni sudah diadakan pada perusahaan asuransi sosial secara luas dan juga diadakan oleh asuransi umum. Sebab itulah asuransi yang satu ini mudah ditemukan dan bergai jenis terdapat didalamnya. Untuk tugasnya, asuransi yang satu ini bisa memberikan keringanan biaya perawatan yang begitu mahal akibat kecelakaan, penyakit berbahaya, hingga serangan dari orang. Selain itu, anda juga bisa ditanggung biaya berobat, beli obat hingga rawat inap. Semua fasilitas dari produk asuransi kesehatan tersebut dapat disesuaikan dengan harga bayarnya atau premi yang disepakati.

Jika diulas lebih lengkap bahwa penanggungan ketika rawat inap juga memberikan fasilitas yang lebih terperinci seperti biaya sewa perkamar ketika masih dirawat, biaya layanan dokter, biaya obat ketika dirawat, biaya periksa lab, hingga biaya bedah. Semua fasilitas tersebut memang diperlukan sekali bagi pasien yang sedang terkena penyakit parah. Mungkin juga pasien pemegang polis mengalami kecelakaan parah sehingga membutuhkan dana yang cukup besar untuk penyembuhannya.

Selain itu, rawat jalan juga memberikan rincian fasilitasnya mengenai biaya yang diberikan oleh perusahaan asuransi untuk biaya dokter yang merawat, biaya lab dan diagnosis penyakit, hingga biaya obat semuanya ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun secara umum jenis asuransi kesehatan ini memberikan dana penanggungan yang disesuaikan dengan limit maksimal komponen dalam menjalani petawatan atau penyembuhan penyakit. Artinya akan membatasi komponen per kunjungan bahkan per tahun untuk frekuensi maksimum kunjungan.

Masih diperinci lagi bahwa asuransi kesehatan atau health insurance masih dibagi menjadi 2 yakni asuransi kesehatan kumpulan dan asuransi kesehatan individu. Dalam kedua pembagian tersebut maka dibedakan dalam jenis kepemilikan dan pemberian manfaat atau benefit bagi pemiliknya. Selain itu juga ditetapkan cara pembayaran premi yang berbeda dari kedua jenis tersebut, nah lebih lengkapnya simak berikut ini.

1. Asuransi Kumpulan

Asuransi kumpulan atau kolektif adalah salah satu produk asuransi kesehatan yang dikhususkan untuk sebuah kelompok usaha, perusahaan, atau sebuah instansi. Tujuan asuransi ini adalah untuk mengasuransikan pegawai atau karyawannya jika terjadi kemungkinan buruk seperti kecelakaan kerja atau penyakit. Biasanya asuransi yang satu ini diterapkan pada perusahaan yang sudah maju atau perusahaan yang memiliki tingkat resiko kecelakaan tinggi seperti proyek bangunan. Untuk cara pembayaran premi, jenis asuransi ini membayarkan premi secara langsung, biasanya diambilkan dari potongan gaji karyawannya sendiri.

Namun, jika dilihat dari segi manfaat, asuransi ini hanya memberikan manfaat dalam proteksi kecelakaan kerja atau terjangkitnya penyakit dan tidak memberikan penanggungan secara luas. Artinya hanya satu orang saja yang diberikan tanggungan yang beratas namakan perusahaan itu sendiri. Jadi jika dilihat dari manfaatnya memang lebih bagus asuransi kesehatan individu atau perorangan yang memilikinya.

2. Asuransi Individu

Seperti namanya bahwa asuransi individu atau perorangan merupakan asuransi yang hanya bisa dipegang oleh satu orang saja dalam menanggung resiko kesehatan. Untuk pemberian manfaat yang besar juga disesuaikan jumlah premi yang dibayarkan karena perhitunggannya juga sesuai kesepakatan. Namun, karena ini bersifat individu maka pemegang polis dapat mengambil benefit maksimal dibanding dengan asuransi kumpulan. Ini bisa berlaku maksimal jika anda merupakan pengusaha atau pebisnis bukan berprofesi sebagai karyawan, sebab harga preminya juga berbeda dengan asuransi kumpulan.

Jenis Jenis Asuransi kesehatan

Memang jika diperdalam lagi, masih ada banyak pembagian asuransi kesehatan yang didasarkan pada pembagian sperti pengelolaan dana, keanggotaan hingga peserta yang ditanggung. Masing masing punya ciri khusus dalam manfaat yang diberikannya, nah lebih jelasnya mari kita simak pembahasan pada artikel kali ini.

1. Berdasarkan Pengelola

Asuransi kesehatan dikelola oleh pemerintah adalah asuransi yang memiliki pusat pengelolaan teratur yang umumnya dilakukan pengawasan ketat dalam pengelolaan dana. Dana yang dikelola akan dikembangkan sehingga dapat lebih baik dan juga membentuk benefit. Namun disayangkan bahwa ada banyak pemakaian asuransi yang satu ini kurang maksimal dan tidak memungkinkan pemegang polis.

Asuransi kesehatan dikelola oleh swasta merupakan salah satu produk asuransi kesehatan yang biasanya dikelola sebuah perusahaan asuransi besar dengan pengelolaan maksimal. Disamping itu, asuransi yang satu ini terbilang punya mutu tinggi karena memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbilang memuaskan bagi para pemegang polisnya. Sayangnya masih ada kekurangan yakni biaya yang diawasi kurang maksimal sehingga memungkinkan dana hilang.

2. Berdasarkan keanggotaan

Asuransi kesehatan wajib merupakn asuransi kesehatan yang berlaku ketika adanya “paksaan” atau pembelian asuransi yang perlu bayar wajib. Umumnya asuransi ini dipakai oleh perusahaan besar dalam melindungi para karyawannya. Untuk pembayaran ini dimaksudkan wajib adalah bahwa pembayaran harus tepat waktu, biasanya diambilkan dari potongan gaji para pegawainya. Namun, benefit yang diberikan dari asuransi ini tidak maksimal bagi karyawannya.

Asuransi Kesehatan Sukarela adalah asuransi kesehatan yang disebut sebagai asuransi perorangan atau individu. Asuransi ini memang pemegang polisnya hanya satu orang saja dan tidak memiliki hubungan apapun dengan perusahaan atau isntansi. Untuk asuransi ini memang tidak secara paksa dan seseorang bisa memilih sesuai keinginan sendiri dan menyesuaikan basisnya.

3. Berdasarkan Jumlah Dana Penanggungan

Pembagian jenis asuransi ini berdasarkan kebutuhan dana nasabah yang memiliki asuransi tersebut. Saya ambil contoh bila membutuhkan biaya untuk kesehatan dengan nilai yang cukup tinggi karena mungkin mengalami kecelakaan parah, maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan tanggungan dana yang besar. Beda lagi jika hanya membutuhkan biaya kecil maka biaya tersebut dibayar sendiri oleh nasabah atau pemegang asuransi. Nah, sebab itulah asuransi kesehatan sangat menguntungkan jika anda sedang membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar dan pada waktu itu, anda tidak punya biaya banyak.

4. Berdasarkan Proses Cair Klaim

Ada dua pembagian yakni Reimbursement yakni cara pembayaran yang dibebankan kepada nasabah atau pemegang asuransi dengan membayarkan dananya sendiri. Nah, dana tersebut nantinya bisa dilakukan proses pencairan tunai oleh nasabah. Jadi Reimburesement yakni pemakaian dana milik sendiri terlebih dahulu digunakan sebelum dana tersebut diganti dari dana perusahaan. Biasanya dana penggantian tersebut diambilkan dari pengelolaan dana nasabah yang bagus sehingga memunculkan kelebihan dalam asuransi ini. Untuk Cashless yakni pengajuan ganti rugi pakai kartu anggota. Nah, apa saja keuntungan asuransi kesehatan, mari simak bersama.

Manfaat Asuransi kesehatan

Mungkin anda telah paham mengenai pengertian asuransi kesehatan yang sangat penting untuk anda miliki. Selain itu, jenis jenis asuransi kesehatan juga perlu anda sesuaikan sebelum memilih asuransi kesehatan ini. Namun, sebelum itu anda juga perlu mengetahui lebih dalam apasih keuntungan asuransi kesehatan ? berikut akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

  1. Memberikan rasa aman – manfaat yang satu ini memang sangat penting dalam asuransi kesehatan, sebab dengan memakai asuransi ini, maka anda akan memiliki rasa lebih tenang bila terjadi suatu resiko finansial. Memang kejadian buruk biasa datang kapan saja, sebab itulah asuransi jiwa dijadikan sebagai pelindung dan penenang bagi pemiliknya. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan orang yang kadang membutuhkan banyak dana untuk pengobatannya tapi ia belum punya dana. Nah, dengan asuransi ini maka ia akan ditanggung biaya pengobatannya.
  2. Tabungan masa depan – resiko akan kejadian buruk memang sudah selayaknya kita alami, apalagi jika seseorang memiliki pekerjaan yang beresiko tinggi. Selain itu, fungsi asuransi ini sebagai tabungan maksudnya ketika nasabah sedang perlu dana untuk keperluan yang penting maka ia akan merasa tenang karena akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Menabung artinya anda punya simpanan masa depan yang siap dipakai untuk sesuatu yang penting.
  3. Meringankan resiko – adapun bila dana yang dibutuhkan cukup tinggi dalam penyembuhan maka asuransi kesehatan berfungsi dalam meringankan biaya perawatan. Biaya penanggungan dari perusahaan insurance memang cukup banyak sehingga resiko yang sedang anda hadapi. Mulai dari kebutuhan diagnosa, obat, perawatan dan masih banyak lainnya akan ditanggung pihak insurance.
  4. Sebagai rawat jalan dan inap – dengan manfaat bagus ini, pemegang asuransi akan lebih mudah mengurus kebutuhan kesehatannya. fasilitas yang satu ini memiliki cakupan biaya rumah sakit, uji lab, persalinan, obat obatan dan masih banyak lagi. Nah, dengan fasilitas ini maka diharapkan para pemegang asuransi bisa lebih tenang dalam menghadapi resiko finansial.

Mari mencari asuransi dengan mempertimbangkan berbagai perusahaan asuransi terpercaya sehingga anda bisa merasakan porteksi dan benefit dari asuransi tersebut.

Oke, hanya ini saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, memang pembahasan pengenai pengertian asuransi kesehatan cukup luas. Nah, bagi anda yang sudah paham dengan asuransi ini maka anda bisa langsung berasuransi. Sekian saja mengenai seluk beluk asuransi kesehatan, untuk kekurangan artikel saya maka saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: