7 Jenis Asuransi Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Asuransi Mobil – Asuransi kendaraan merupakan salah satu produk asurasi yang banyak pemakainya seiring bertambahnya jumlah kendaraan saat ini. Asuransi kendaraan berupa mobil memang sudah menjadi keperluan tersendiri mengingat banyaknya resiko yang mungkin terjadi akibat pemakaian mobil, bencana alam, atau kecelakaan. Banyak orang memilih memakai asuransi mobil karena memiliki kelebihan yakni membuat nasabah lebih tenang ketika berkendara memakai kendaraan tersebut. Dengan jaminan dari resiko oleh perusahaan asuransi, tentunya pemilik mobil merasa kendaraannya terlindungi.

Jenis Asuransi Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Asuransi Mobil Lengkap

Untuk asuransi mobil sendiri masih dibagi menjadi beberapa jenis, hal ini menyesuaikan kebutuhan para konsumennya dalam menentukan jenis asuransi berdasarkan nilai mobil, resiko yang ditanggung, dan biaya yang disepakati. Nah, bagi anda yang ingin memiliki asuransi mobil, mungkin anda perlu mengetahui jenis jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia. Secara umum, asuransi kendaraan dibedakan menjadi 2 yakni berdasarkan penanggungan yang didasarkan pada biaya premi yakni all risk dan TLO.

1. All Risk

Pembagian asuransi all risk yakni asuransi mobil yang memberikan pelayanan lengkap mulai dari resiko kehilangan kendaraan, kecelakaan parah maupun ringan, bencana alam dan lainnya. Memang dari segi kerusakan mobil yang besar dan kecil dapat ditanggung perusahaan. Hanya saja, asuransi all risk memang memerlukan biaya premi yang cukup tinggi dengan fasilitas yang lebih lengkap. Biasanya yang memakai asuransi all risk adalah nasabah yang memakai kendaraan bernilai tinggi dan beresiko kerusakan.

2. TLO

Selain jenis all risk, ada juga Total Loss Only atau sering disebut TLO yakni asuransi kendaraan yang memberikan proteksi akibat kehilangan mobil, pencurian, dan kerusakan mobil lebih dari 80%. Nah, kelemahan dari asuransi mobil ini memang jika kerusakan ditotal kurang dari 80% maka penaggungan tidak akan keluar. Namun, asuransi mobil ini memiliki harga premi yang cukup murah dan bisa memproteksi kerugian yang cukup besar. Biasanya nasabah yang memakai asuransi ini adalah mereka yang merasa punya resiko pencurian mobil atau kerusakan parah.

Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

1. Tanggungan Kecelakaan

Jenis asuransi mobil yang pertama adalah tanggungan kecelakaan atau Collision Coverage. Asuransi yang satu ini mendasarkan pada penanggungan akibat dari pemakaian anda yang mungkin menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Dalam asuransi ini yang menjadi nilai lebih adalah ketika biaya perbaikan melebihi nilai mobil atau kerusakan parah, maka pihak insurance akan memberikan biaya penanggungan besar yang disesuaikan dengan nilai mobil tersebut. Karena itulah jenis ini memberikan proteksi tinggi jika terjadi kemungkinan kerusakan yang parah.

Sayangnya jenis asuransi tanggungan kecelakaan tidak cocok bagi mobil yang sudah tua karena jenis ini menyesuaikan nilai kendaraan nasabahnya. Sebab itulah bagi anda yang memiliki mobil terbaru atau mobil dengan nilai tinggi, maka cocok sekali memiliki asuransi ini untuk memberikan proteksi penuh teradap resiko kecelakaan kendaraan anda yang terjadi mungkin akibat kesalahan anda sendiri.

2. Tanggungan Komprehensif

Selanjutnya ada jenis Comprehensive Coverage yang memberikan tanggungan mengenai resiko yang aneh aneh diluar daftar resiko biasa. Misal terjadinya kerusakan mobil akibat ulah binatang, mobil tertimpa bagunan, pohon atau masalah lainnya. Sebab itulah asuransi ini dianggap lumayan penting oleh sebagian orang yang memiliki resiko tersebut. Namun, bagi anda yang ingin mendapatkan proteksi secara penuh maka anda bisa masuk ke asuransi All Risk saja. Kekurangan dari asuransi jenis ini adalah biaya premi yang perlu dibayarkan tidak sedikit karena meliputi pemberian dana tanggungan akibat kerusakan berat maupun ringan.

3. Liability Insurance

Merupakan jenis asuransi selanjutnya yang mengurusi resiko seperti kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan nasabah sendiri. Biasanya nasabah yang belum bisa mengemudi dengan handal akan sering menabrak dan menyebabkan mobil nasabah rusak. Nah, bagi anda yang memang baru punya mobil dan belum handal mengendarainya mungkin anda bisa mengambil asuransi yang satu ini. Sebab anda akan ditanggung biaya resiko termasuk perbaikan mobil anda. Memang asuransi ini cocok bagi pemilik mobil baru yang ingin selalu terlindungi dari berbagai resiko.

4. Motorist Protection

Jenis asuransi motorist merupakan asuransi yang memberikan penanggungan biaya akibat kecelakaan maupun kerusakan secara fisik maupun properti. Motorist Protection biasanya berlaku di negara besar yang mewajibkan pemakaian asuansi mobil. Jenis asuransi ini membiayai nasabahnya untuk mengganti suku cadang, memperbaiki body, mengganti mesin dan masih banyak lagi. Namun, banyak nasabah yang hanya membayarkan dana minimum saja sehingga ia mendapatkan tanggungan dana yang kurang dan perlu dipenuhi sendiri. Memang di Indonesia jenis asuransi yang satu ini jarang diminati oleh pengendara karena sifatnya tidak berlaku di Indonesia.

5. Personal Injury Protection

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan perorangan yang diakibatkan dari berbagai resiko reperti kecelakaan. Jenis asuransi ini memang belum banyak diterapkan di berbagai negara karena dinilai kurang diminati. Orang lebih memilih jenis yang biasa saja yani all risk dan TLO karena sistemnya lebih mudah dan juga premi yang dibayarkan sesuai fasilitas yang didapat. Nah, tentukan sendiri apakah jenis asuransi yang satu ini cocok atau tidak.

Simak Juga : Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Nah, itulah pembahasan saya mengenai jenis jenis asuransi mobil yang membagi beberapa bagian asuransi sesuai dengan kebutuhan nasabah dan hal yang ditanggung. Mungkin dengan mengetahui jenis apa saja asuransi mobil, anda dapat mengira-ngira mana asuransi mobil yang paling anda butuhkan. Jangan lupa, anda juga perlu menyesuaikan harga premi sesuai dengan nilai kendaraan anda agar tidak timbul kerugian. Oke, sekian saja artikel kali ini mengenai jenis asuransi kendaraan, jangan lupa simak artikel menarik lainnya.

%d blogger menyukai ini: