10 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ketumbar – Ketumbar merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting sebagai bumbu dapur. Ketumbar sendiri merupakan rempah yang mudah sekali ditemukan di Indonesia, rempah yang satu ini ternyata memiliki kandungan yang sangat banyak sehingga memberikan berbagai khasiat alami didalamnya. Yang paling mengandung banyak khasiat adalah daunnya, memang biasanya daun ketumbar diremehkan untuk dimasak, tetapi jika sudah tahu manfaat daun ketumbar pasti sering memasaknya. Tentunya berbagai kandungan yang bagus untuk tubuh terkandung dalam daun ketumbar.

Manfaat Daun Ketumbar

Manfaat Daun Ketumbar

Daun ketumbar sendiri memiliki kandungan herbal yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Diberbagai daerah, daun ketumbar dijadikan sebagaia obat alami sebagai penyembuh berbgaia penyakit. Tapi di Indonesia masih banyak yang ragu akan kandungan yang ada dalam daun ketumbar. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai apa khasiat yang diberikan oleh daun ketumbar dang kandungan yang terdapat didalamnya. Nah, mari kita simak artikel ini dengan seksama.

Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

1. Punya Sifat Anti-Mikroba

Manfaat yang pertama adalah mencegah berbagai unsur kecil yang dapat merusak atau berbahaya jika anda ditubuh manusia. Misalnya jamuran, infeksi bakteri dan lainnya bisa diatasi dengan mengonsumsi daun ketumbar. Daun ketumbar memang cocok dijadikan ramuan sederhana untuk menangkal mikroba yang ada dalam tubuh. Untuk mengolahnya juga tidak terlalu sulit.

2. Obat Radang Kulit

Kandungan besar yang bermanfaat bagi kulit ada di daun ketumbar yakni adanya minyal esensial dan linoleat yang memiliki tugas untuk mengurangi dan mengatasi peradangan pada kulit. Zat yang terkandung dalam daun ketumbar juga dipercaya untuk mengobati penyakit kulit sejenisnya. Pemakaiannya bisa dibuat ramuan yang ditempelkan pada kulit yang bermasalah.

3. Punya Sifat Anti-Kanker

Daun ketumbar juga memiliki sifat anti kenker dengan adanya zat beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, quercetin, kaempferold dan lainnya. Fungsi dari kandungan tersebut sebagian sebagai pembunuh sel kenker. Intinya anda tidak perlu takuk mengonsumsi daunnya, malahan dianjurkan untuk memakainya sebagai pengobatan dan pencegahan penyakit berat.

4. Sebagai Anti-Biotik

Manfaat daun ketumbar selanjutnya adalah sebagai antibiotik. Seperti yang kita ketahui bahwa antibiotik sangat penting bagi tubuh kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah melalui berbagai ujicoba lab, muncul hasil bahwa kandungan dalam daun ketumbar memiliki antibiotik yang labih besar 2 kali dari antibiotik instan atau yang sudah jadi. Karena itulah, khasiat daun ketumbar terbilang lengkap dan banyak.

5. Untuk Mengatasi Diare

Kandungan yang terdapat dalam daun ketumbar yakni minyal esensial seperti Borneol dan Linalool memiliki segudang manfaat. Kandungan tersebut berguna untuk pencernaan, memperbaiki fungsi hati, dan mengurangi diare. Manfaat tersebut tergolong berguna bagi kesehatan manusia. Apalagi saat ini yang namanya obat untuk pencernaan mahal harganya, karena itu lebih baik menggunakan daun ketumbar yang lebih efektif dan alami. Hanya saja kita perlu waktu untuk mengolahnya.

6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Bagi yang mengidap penyakit hipertensi mungkin cocok sekali mencoba mengonsumsi daun ketumbar. Manfaat daun ketumbar selain untuk pencernaan juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Bagusnya lagi, sesuai dengan kandungan yang dimiliki daun ketumbar ternyata bisa mengurangi resiko penyakit mematikan yakni serangan jantung.

7. Untuk Menurunkan Kadar Gula

Saat ini penyakit diabetes mudah sekali mengancam tidak kenal muda atau tua lantaran banyak makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Untuk mengatasi penyakit diabetes sendiri bukan hal mudah, karena penyakit ini lebih baik dicegah sebelum muncul. caranya anda bisa menggunakan daun ketumbar karena memiliki khasiat untuk menekan kadar gula darah dalam tubuh anda dengan efektif.

8. Obat Batu Ginjal

Selanjutnya, daun ketumbar juga memiliki kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan. Dengan adanya zat diuretik dan efek detoks bisa membuat penderita batu ginjal sembuh dari penyakitnya. Hal ini memang cocok dikonsumsi sebagai obat yang efekti, tapi harus sesuai dengan dosis normal tidak boleh terlalu tinggi untuk memanfaatkannya setiap hari.

9. Obat Insomnia

Selanjutnya ada manfaat besar yang diberikan oleh daun ketumbar yakni kegunaannya sebagai penyeimbang zat kimia dalam tubuh. Dengan keseimbangan tersebut dapat menciptakan sisi positif dalam tubuh anda. Kandungan yang ada dalam daun ketumbar dipercaya juga bisa mengobati penyakit susah tidur. Bukan hanya itu saya, daun ketumbar juga dipercaya sebagai obat untuk mengurangi insomnia.

10. Untuk Mengeluarkan Racun

Saat ini, berbagai jenis racun dengan mudahnya masuk kedalam tubuh kita melalui berbagia media seperti makanan dan minuman instan. Untuk mengurangi dan mengeluarkan racun tersebut anda bisa memakai daun ketumbar sebagai obatnya. Fungi yang satu ini memang sangat bagus jika anda terkena racun saat bepergian seperti racun tanaman, racun hewan dan sebagainya, tinggal cara pemakaiannya yang berbeda. Jika racun dalam tubuh maka dibuat minuman herbal, jika racun diluar tubuh maka dibuat ramuan yang nantinya ditempelkan pada bagian yang terkena racun.

Simak Juga : resep kue sarang semut karamel

Daun ketumbar memang sudah terbukti memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Beragai keluhan penyakit bisa diatasi dengan menggunakan daun ketumbar yang cara memakainya berbeda-beda. Intinya setelah anda mengetahui kandungan besar yang ada didalamnya mungkin tidak akan meremehkan ketumbar. Oke, hanya ini saya yang dapat saya sampaikan tentang manfaat daun ketumbar dan khasiat daun ketumbar walaupun belum semuanya. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya dengan tema yang berbeda.

%d blogger menyukai ini: