Cara Merawat Dan Pemeliharaan Sugar Glider Yang Benar

Merawat Sugar Glider – Saat ini sugar glider menjadi salah satu hewan yang paling banyak dicari untuk dijadikan hewan peliharaan. Permintaan pasar saat ini meningkat tajam akan pemesanan sugar glider. Memang hewan ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pecinta hewan. Salah satu yang unik dari SG adalah aktifitiasnya yang sesekali bisa terbang (melayang dengan gaya) mungkin itu sebutan yang cocok karena sesuai namanya Glider artinya pesawat tanpa awak atau mesin terbang.

SG sendiri termasuk hewan yang memiliki sifat pemalu dengan tingkat ketakutan terhadap sesuatu sangat tinggi. Karena itulah sugar glider mudah stress bila anda baru menjumpainya, bahkan saat anda membeli dan menaruhnya dikandang yang telah dibuat, SG bisa saja tidak mau beradaptasi dengan baik. Karena itulah merawat sugar glider tidak mudah bagi sugar glider yang asalnya liar / bukan dari penangkaran. Jika memang anda ingin memelihara hewan lucu ini, mungkin anda perlu mengetahuhi dasarnya dalam memelihara sugar glider. Nah, apa saja yang perlu diketahui sebelum membeli SG.

  • Jika memang anda suka dengan hewan kecil maka anda boleh memelihara sugar glider asalkan anda betah dicakar dan digigit. Bila anda bereaksi dengan cepat itu bisa membuat sugar glider anda semakin stress bahkan bisa menyebabkan SG kesayangan cepat mati.
  • Persiapan dana untuk membeli sugar glider, hal ini harus anda sesuaikan dengan basis anda. Mungkin jika anda pilih yang murah boleh SG Classic Grey dan jika suka yang mahal maka pilihlah SG Albino. Untuk daftar harga sugar glider terbaru 2018 disini.
  • Persiapkan kandang sebelum anda membeli sugar glider, pastikan kandang tidak terlalu sempit untuk ruang gerak. Perlu diketahui bahwa sugar glider memerlukan kandang untuk tidurnya dan bisa anda lepas dirumah jika anda mau bermain dengannya.
  • Ketahui cara merawat sugar glider yang baik sebelum membelinya. Nah, ini yang akan saya bahas pada artikel tentang cara merawat sugar glider yang benar.
  • Jika anda ingin membeli SG pilihlah penjual sugar glider hasil ternak jangan yang dapat dari hutan (liar). Ini untuk mengindari stress saat anda memelihara sugar glider nantinya.
  • Usia yang optimal jika anda ingi SG yang bagus adalah antara 1,5 bulan hingga 2 bulan. Jangan sampai anda membeli sugar glider yang masih terlalu muda karena beresiko penyakit dan mudah mati. Saran saya adalah ketika SG sudah out of pounch.
  • Jika anda melakukan perawatan yang optimal dan sesuai kebutuhan SG maka hewan tersebut dapat hidup cukup lama bahkan mencapai belasan tahun.

Setelah anda mengetahui tentang kriteria apa saja yang perlu untuk dasar saat mau membeli SG selanjutnya memikirkan bagaimana cara merawat sugar glider. Untuk merawat suar glider tentunya anda harus punya waktu dirumah, tidak disarankan jika anda meninggalkan sugar glider seharian untuk pergi jauh tanpa anda yang mengajaknya bermain. SG ternyata hewan yang penyayang dan tahu mana majikannya sehingga suka menempel ditubuh manjikannya. Karena itu SG juga butuh yang namanya kasih sayang agar ia tidak mudah stress. Untuk cara merawat sugar glider lebih lengkap silahkan simak berikut ini.

Merawat Sugar Glider

Merawat Sugar Glider

Perawatan Sugar Glider Lengkap

Pada postingan kali ini akan saya bahas bagian inti yang perlu anda ketahui dalam memelihara sugar glider. Saar melakukan perawatan sugar glider kita memerlukan pengetahuan tentang apa yang dilarang untuk sugar glider dan dampaknya. Hewan ini memang tergolong sensitive dan mudah stress. Nah, lebih lengkapnya kita simak pembahasan berikut ini agar anda bisa optimal dalam merawat sugar glider.

1. Apa Hal Yang Perlu Dihindari ?

  • Yang pertama berkaitan dengan larangan yang harus diketahui sebelum memiliki sugar glider. Alasannya memang untuk menjaga kesehatan SG kesayangan agar tidak mudah stress ataupun cepat mati. Untuk larangan dalam memelihara SG ternyata sangat banyak mulai dari makan hingga kegiatannya. Berikut bagian yang tidak boleh dilakukan pada SG anda.
  • Jangan bermain dengan SG ketika anda sedang merokok, asap rokok memiliki bahaya yang cukup besar jika terhisap oleh sugar glider. Pasalnya tubuh SG lebih rentan terkena serangan penyakit apalagi rokok memiliki zat aditif yang berbahaya bagi orang dalam si SG.
  • Hindari memberikan makanan yang mengandung kafein seperti teh, kopi, sebagai minumnya. Kedua minuman tersebut memiliki kandungan kafein yang lumayan tinggi yang bisa mengancam kesehatan si SG jika anda memberikannya.
  • Jangan berikan makanan yang asam karena makanan jenis ini bisa merusak sistem pencernaan pada SG. Jadinya si SG akan mogok makan bahkan bisa mendapat penyakit serius pada pencernaannya.
  • Jangan mengajak bermain terlalu lama atau bertemu orang yang belum dikenal dengan jangka lama, itu bisa membuat sugar glider menjadi stress dan bisa cepat mati.

Dari berbagai larangan tersebut sebaiknya anda patuhi agar SG anda bisa hidup dengan sehat tentunya memiliki umur hingga belasan tahun. Pada dasarnya memang masih banyak larangan saat memelihara si SG tapi hanya itu yang berakibat buruk jika dilanggar.

2. Apa Makanan SG ?

Tahukah anda bahwa SG ternyata hewan pemakan segala, ini memang sesuai dengan cara hidupnya dialam liar. Walaupun begitu anda perlu memberikan makanan yang disesuaikan dengan alamnya dengan makanan yang alami dan baik dikonsumsi olehnya. Nah, jika anda ingin membuah SG kesayangan tumbuh dengan bagus tentunya gemuk dan sehat anda bisa memberikan makanan berikut ini.

  • Jus buah segar (jus pepaya, melon, pisang) pakai air matang dan jangan terlalu banyak pakai gula
  • EF (ekstra food) makanan ini perlu jika anda sangat sibuk dan ingin memberikan sesuatu yang instan
  • Berikan yougurt dan keju sebagai penambah gizi agar dapat hidup sehat
  • Berikan buah atau sayur yang masih segar (harus tanpa pengawet atau pestisida yang berlebih

Jenis makanan tersebut memiliki potensi yang bagus dalam menjaga kesehatan si SG yang perlu gizi optimal. Dari rekomendasi saya tadi sesuai dengan saran para ahli hewan yang sudah mencoba memberikan makanan tersebut. Tentunya ini aman diberikan untuk sugar glider anda.

3. Bagaimana Dengan kandang ?

Untuk kandangnya anda bisa optimalkan dengan membuat kandang yang lebar yang bisa digunakan sugar glider untuk melompat-lompat, intinya kandang tidak boleh sempit. Untuk kandangnya anda bisa membelinya (kandang besi) atau membuatnya sendiri dengan bahan alam itu lebih baik dan nyaman untuk SG seperti kandang bambu. Yang terpenting adalah kebersihan kandang harus selalu terjaga agar sugar glider betah dikandang juga mencegah stress. Untuk pembersihan kandang karena sederhana anda bisa membershikannya setiap 3 hari sekali atau jika sudah kotor bisa dibersihkan sesuai dengan kondisi kandang. Jangan lupa untuk memberikan kelengkapan lain seperti tempat tidur, tempat makan dan minum sangat perlu.

4. Perlukah Memandikan SG ?

Sebenarnya untuk sugar glider yang masih muda tidak perlu anda mandikan sesering mungkin. Hal ini mencegah rangsangan SG muda karena tidak betah dengan suhu air yang dingin. Solusinya jika memang SG kesayangan kotor maka anda bisa memandikannya dengan air hangat (jangan terlalu panas juga). Anda tidak perlu memberikan shampo atau semacamnya karena berbahaya bagi sugar glider anda. Jika anda punya banyak waktu dirumah anda bisa memandikannya sehari sekali dan jika tidak mungkin 2 hari sekali untuk menghilangkan baunya. Ini menyesuaikan kondisi dialamnya yang tidak pernah mandi atau mungkin hanya kena percikan air hujan saja.

5. Jangan Lupa Ajak Bermain Dan Berlati Terbang

Jika tidak bisa terbang maka namanya bukan sugar glider. Oleh sebab itu anda perlu melatihnya terbang mulai dari kecil agar saat dewasa ia pandai terbang. Pelatihan ini berguna sekali untuk menjadikan sugar glider layaknya hidup dialam liar. Untuk melatihnya anda bisa meletakkan SG ditempat yang berjarak dengan tangan anda yang sudah berisi makanan. Otomatis si SG akan berusaha meloncat dengan gaya terbangnya. Nah, aktifitas yang satu ini anggap saja hanya bermain dan juga untuk memberikan kasih sayang pada sugar glider.

Simak Juga : Harga Sugar Glider Lengkap 

Dari berbagai cara perawatan sugar glider, hanya itu yang paling pokok dalam menjaga kelangsungan hidupnya. Untuk cara mengatasi penyakit atau lainnya akan saya bahas pada pertemuan selanjutnya. Nah, silahkan anda terapkan cara merawat sugar glider diatas, mungkin artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara SG. Oke, saya akhiri dulu postingan kali ini dan jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya dari usahamimpi.com.

%d blogger menyukai ini: