Cara Menetaskan Telur Puyuh Supaya Netas Banyak

Cara Menetaskan Telur Puyuh – Burung puyuh merupakan salah satu jenis hewan yang bisa dijadikan peluang usaha bisnis. Memang yang paling dimanfaatkan dari burung puyuh adalah telurnya, namun jika ingin menghasilkan banyak telur, tentunya harus perlu banyak burung puyuh juga. Memang burung puyuh rajin bertelur sehingga bisa anda jual atau anda tetaskan. Yang menjadi pokok pembahasan kali ini ialah bagaimana cara menetaskan telur puyuh secara sederhana yang dilakukan menggunakan mesih penetas.

Cara Menetaskan Telur Puyuh

Cara Menetaskan Telur Puyuh

Memang jika dalam jumlah telur yang cukup banyak, anda bisa menggunakan mesih penetas telur puyuh yang berbentuk seperti oven. Untuk setiap sekali penetasan menggunakan mesin bisa sampai ratusan butir telur, sebab itu cara yang satu ini sangat bagus jika mungkin ingin menambah jumlah burung puyuh anda. Apakah anda sudah pernah menetaskan telur puyuh ? jika belum mungkin anda bisa mencoba tutorial bagaimana cara menetaskan telur puyuh pada artikel kali ini. Caranya sederhana sekali bukan menggunakan teknik yang begitu rumit, karena itulah saya ambilkan inti caranya saja sebagai berikut.

Tahap Memilih Telur

Seperti yang kita ketahui bahwa telur puyuh dalam jumlah yang besar tidak mungkin menetas semua, kemungkinan menetas hanyalah 65%. Sebab itu untuk mengurangi kerugian maka anda bisa memilih terlebih dahulu mana telur yang bisa menetas dan mana yang tidak. Caranya anda perlu memilih telur yang terlihat mulus dan tidak ada retak, tidak kecil, dan bentuknya tidak buruk. Memang jika dilihat kasat mata sudah jelas mana yang siap ditetaskan dan mana yang tidak.

Bagaimana mendapatkan telur betina ? memang yang paling penting untuk menetaskan puyuh adalah memilih mana yang betina yang nantinya bertelur. Caranya anda perlu memilih telur yang bentuknya mendekati bulat, sebab telur yang membulat itu lebih besar presentasenya betina. Sedangkan telur yang bentuknya lonjong lebih baik ikutkan menetas sedikit saja karena kemungkinan besar telur puyuh lonjong setelah menetas adalah jantan.

Tahap Penyortiran

Jika anda sudah selesai memilih mana telur yang siap menetas maka anda perlu lakukan tahap penyortiran kedua untuk menentukan mana telur yang bisa menetas dan mana yang tidak. Caranya anda perlu menyiapkan kaleng (susu) yang tengahnya dilubangi dengan diameter 4 cm saja. Setelah itu taruh lampu putih terang dibawahnya. Nah, untuk cara mengetahui mana telur yang siap menetas maka anda perlu menaruh satu persatu telur diatas lubang 4 cm tadi, lalu perhatikan apakah telu kental atau bening. Jika sangat bening maka anda perlu menyisihkannya karena kemungkinan tidak akan menetas.

Mengapa telur yang terlihat bening tidak menetas ? sebab ada penjelasan mengenai telur yang bening bahwa telur tersebut belum dibuahi dan tidak akan menetas. Sebab itulah tahap penyortiran ini penting sekali agar tidak terlalu rugi. Nah, telur yang tidak akan menetas tersebut anda bisa jual atau konsumsi sendiri agar menghemat telur yang gagal menetas.

Simak Juga : Harga Ayam Kate 2018

Siapkan Mesin Tetas Dan Taruh Telur

Tahap selanjutnya ialah menetaskan telur dalam mesih tetas dengan mengaturnya terlebih dahulu. Untuk suhu optimal mesin tetas telur puyuh berkisar antara 38 derajat celcius. Untuk kelembabannya memang belum diketahu berapa presentase yang benar. Sebab itulah untuk mengoptimalkan kelembaban maka anda perlu menaruh baki berisi air yang perlu anda letakkan dibawah rak mesin penetas telur. Tujuannya agar kelembaban tidak terlalu rendah atau tinggi.

Selajutnya anda perlu menaruh telur puyuh pada rak telur dengan posisi ujung yang kecil dibagian bawah. Selama penetasan, anda perlu mengganti air baki tersebut sehari sekali agar terjaga kebersihannya. Untuk cara menetaskan telur puyuh menggunakan mesin tetas sama lamanya dengan penetasan alami. Saat proses berlangsung, anda perlu mematikan mesin tetas 15 menit sehari agar telur bisa maksimal, tujuannya menyesuaikan indukan puyuh yang sering keluar dari tempat penetasan atau berhenti mengerami sejenak untuk makan atau sebagainya. Dalam proses menetasan anda juga perlu membolak balik 3-5 kali telur agar telur tidak menempel pada cangkang dan suhu atas bawah optimal. Nah, setelah 18 hari mungkin telur akan siap menetas, nah siapkan saja tempat baru dengan lampu saja untuk pemanas.

Itulah cara menetaskan telur puyuh secara sederhana dan mudah dilakukan. Memang mudah sekali seperti menetaskan telur ayam, yang repot hanya membolak-balik telur tersebut selama 3 kali atau lebih. Nah, jika ingin mencobanya silahkan lakukan sendiri memakai alat tetas yang sudah ada pengaturan suhu, sebab suhu yang pass adalah 38,7 derajat atau 38 derajat celcius saja tidak boleh kurang atau lebih. Sebab itulah jika memakai lampu pemanas mungkin presentas gagal tetas cukup tinggi. Oke, sampai disini saja tips menetaskan telur putuh mudah, sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

%d blogger menyukai ini: