Alasan Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan Bermotor – Bagi pembaca, mestinya memiliki kendaraan pribadi dan banyak yang memiliki kekhawatiran akan resiko yang bisa dialami ketika memakai kendaraan tersebut. Hal inilah yang memunculkan produk baru dalam asuransi yakni asuransi kendaraan bermotor. Biasanya yang banyak dipilih adalah asuransi mobil karena pemilik mobil lebih bereseko dalam pendanaan. Bayangkan saja harga mobil dengan motor itu berbeda jauh. Karena itulah ketika terjadi kecelakaan yang paling dibutuhkan adalah asuransi mobil.

Pentingnya Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan Bermotor

Namun, seiring bertambahnya jumlah motor dan kebutuhan masyarakat yang meningkat dalam transportasi membuat mereka perlu perlindungan dari terjadinya kecelakaan, kerusakan, bencana alam yang berdampak pada kendaraan mereka. Hal ini didorong akibat harga beli kendaraan yang dibilang tidak murah, karena itulah setiap orang pasti ingin menjaganya dalam keadaan baik. Mungkin anda perlu memiliki asuransi kendaraan ini, untuk itu mari simak apa yang bisa diambil dari asuransi bermotor ini.

Pentingnya Asuransi Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor memang memiliki nilai yang berbeda-beda, karena itulah pemilik asuransi ini kebanyakan yang memiliki motor baru atau bernilai tinggi. Tentunya jika motor tua diasuransikan akan merugikan pemegang polis lantaran biaya premi yang tidak sesuai dengan nilai motor. Sebab itulah saat ini sudah muncul berbagai produk perlindungan kendaraan bermotor oleh berbagai perusahaan asuransi. Namun, secara umum asuransi ini memiliki alasan untuk dipilih sebagai berikut.

1. Penanggungan Akibat Kerusakan

Kerusakan yang terjadi dalam asuransi ini dimaksud cukup luas yang meliputi kerusakan akibat bencana, kesalahan pengguna, hingga kecelakaan. Namun yang sering dijumpai adalah resiko kerusakan akibat kecelakaan. Pastinya kerusakan yang diakibatkan oleh hal tersebut membuat motor rusak parah dan memerlukan dana yang cukup banyak untuk memperbaiki seperti semula. Karena itulah dengan memilih asuransi kendaraan bermotor, anda bisa mengambil klaim akibat resiko kerusakan, artinya perusahaan asuransi akan memberian dana untuk meringankan biaya perbaikan tersebut.

2. Melindungi Dari Pencurian

Harga kendaraan bermotor bisa dibilang tidak murah sesuai jenis dan kualitasnya. Karena itulah pemilik kendaraan bermotor akan menjaga sebaik mungkin agar tidak terjadi resiko seperti pencurian. Resiko ini paling berbahaya karena akan sulit untuk motor bisa kembali. Jika sudah begitu maka anda pasti rugi besar karena kehilangan kendaraan. Namun, jika anda memilih asuransi kendaraan bermotor, maka anda akan diberi sejumlah dana dari perusahaan asuransi sebagai dana tanggungan resiko pencurian. Dana tersebut tidak sedikit dan sudah diatur oleh pihak insurance.

3. Membantu Anda Terhadap Pikah Ketiga

Terjadinya kecelakaan terkadang melibatkan beberapa orang yang membuatnya harus bertanggung jawab dengan nilai kerusakan kendaraan orang lain. Hal inilah yang membuat pengendara terasa terbebani jika diminta dana pertanggung jawaban oleh pihak ketiga, sementara biaya yang diperlukan cukup besar. Nah, dengan adanya asuransi kendaraan ini, maka anda juga bisa mendapatkan dana pertanggung jawaban apabila kecelakaan yang dialami melibatkan pengendara lain.

Harga Premi Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaran memang memiliki harga premi yang berbeda-beda. Hal tersebut mencakup berbagai kebutuhan pengendara dalam proteksi resiko kendaraan. Harga premi kendaran bermootor juga dibedakan beberapa jenis menurut nilai kendaraan, wilayah penanggungan, hingga umur kendaraan tersebut. Jika anda berencana membeli asuransi ini, maka anda perlu menyesuaikan kebutuhan apa yang anda butuhkan. Hal ini untuk menghindari kerugian akibat salah memilih jenis asuransi.

Simak Juga : Asuransi Kesehatan Murah Berkualitas

Umur Kendaraan – Mungkin anda berpikir semakin tua umur kendaraan maka semakin murah harga asuransi. Sebenarnya menurut aturan yang ditetapkan OJK yakni peningkatan 5% biaya asuransi tiap tahun ketika umur kendaraan lebih dari 5 tahun. Hal inilah yang perlu anda cermati sesuai dengan kendaraan anda. Karena tulah apakah kendaraan anda cukup tua atau tidak. Untuk harga premi ini memang cocok bagi pemilik kendaraan antik yang sudah tua karena memiliki harga yang tinggi dan tidak rugi jika diasuransikan.

Harga Dan Nilai Kendaraan – Asuransi ini juga bisa memiliki harga premi cukup tinggi apabila nilai kendaraan anda mahal, mungkin puluhan hingga ratusan juta rupiah. Untuk kendaraan bermotor yang memiliki harga normal, akan lebih murah biaya premi tiap bulannya.

Jenis Yang Dipilih – Jenis asuransi juga memengaruhi harga premi seperti jenis TLO dan All Risk. Jenis TLO memiliki harga premi yang lebih murah karena memiliki penaggungan tidak semua resiko. Untuk jenis All Risk memang terbilang mahal namun melindungi secara menyeluruh kendaraan anda.

Nah, itulah pembahasan mengenai pentingnya memilih asuransi kendaraan bermotor untuk memperoteksi kendaraan anda. Mungkin anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dengan mencari diperusahaan asuransi atau menanyakan kepada seseorang yang telah memakai asuransi ini. Intinya anda harus berhati-hati dalam memilih asuransi karena banyak yang tidak terpercaya. Oke, sekian saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jangan lupa simak pembahasan lainnya dari usahamimpi.

%d blogger menyukai ini: