Apa Itu Dropshipper ? Pengertian, Cara Kerja, Keuntungan dan Contoh Dropship

Apa Itu Dropshipper ? mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar yang namanya sistem dropship, memang kata ini sering dikaitkan dengan bisnis online mandiri. Dalam berbagai bisnis online yang dilakukan dengan cara marketing online, pastinya cara yang terbaik adalah memakai sistem droship, apalagi jika anda tidak memiliki modal untuk membuka usaha online. Memang ditahun ini, banyak sekali perkembangan usaha secara online yang juga semakin banyak peminatnya, biasanya orang akan tertarik melakukan bisnis jika ada kata “Bisnis Tanpa Modal”, memang yang menjadi pokok pembahasan kali ini adalah droship dan dropshipper.

Apa Itu Dropshipper

Apa Itu Dropshipper

Biasanya dalam bisnis online banyak dikatakan toko online ? lalu apa hubungannya dengan sistem dropship ?. Jika toko online merupakan media maka dropshipper adalah sebagai penghubung atau perantara. Bukan dalam pengertian sempit saja, bahwa dropship bisa dikatakan seseorang melakukan bisnis tanpa modal, tanpa barang, tanpa stock. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai sistem dropshipper ini akan saya saya bahas, tak lupa contoh dropshipper dan juga keuntungan kerugian menjalankan sistem ini.

Apa Itu Dropshipper Dan Dropship

Pengertian dari dropship adalah sistem yang dilakukan dengan cara pemutaran jalur, sistem ini bekerja seperti seseorang ingin menjual sesuatu namun barangnya belum dibeli / masih ditoko, lalu bagaimana ia menjual ? seseorang bisa menjualnya ketika ia mendapat pesanan sehingga dia baru mau beli barang lalu menjualnya kembali ketika ada pesanan. Masalahnya bagaimana menarik pembeli ? biasanya seorang dropshipper punya strategi jitu untuk menarik konsumen dengan membuat postingan berupa gambar, spesifikasi, harga dan diskon.

Pengertian Dropship lainnya adalah sistem penjualan dalam jual beli secara online / non online dengan cara si penjual tidak menstock barang, dan belum punya barang tersebut. Namun, si penjual tersebut mengambil foto, spesifikasi lalu memostingnya dan menetapkan harganya. Dari selisih harga tersebutlah si penjual mendapatkan keuntungan. Bisa jadi saya ambil contoh seorang penjual yang mendapat pesanan, ia akan membeli terlebih dahulu barangnya seperti sepatu, si penjual mendapat sepatu dengan harga 300 ribu, lalu setelah dijual kembali bisa laku 350 ribu, disitulah selisih harga yang dijasikan keuntungan.

Simak Juga : Bisnis Online Halal Anti Modal

Tentunya pertanyaan apa itu dropshipper jawabannya adalah seorang yang bermain dalam perputaran jual beli tersebut. Dropship sendiri biasanya dijalankan dengan memaksimalkan penjualan / memosting suatu barang. Lalu bagaimana mendapatkan pesanan yang banyak ? caranya sangat mudah yakni anda perlu posting gambar dan spesifikasi harganya. Jangan lupa beri embel-embel diskon terbatas tapi masih memberikan untung. Misal si penjual mendapat pesanan lalu ia membeli barang harganya 100 ribu, ia berminat menjual kembali dengan harga 200 ribu, namun untuk menarik pemesana maka ia perlu memberikan diskon 25%, artinya barang yang dijual pembeli senilai 250 ribu sehingga keuntungan yang diperoleh tetap tinggi yakni 50 ribu perbarang.

Cara kerja Dropshipper

Setelah tadi membahas pengertian dropshipper dan dropship maka anda pasti sudah tahu cara kerja sistem yang satu ini. Dropship menjalankan sisitem yang cukup mudah yakni membeli barang jika ada pesanan dan menjualnya kembali dengan harga yang dinaikkan. Walapun terbilang mudah, namun jika anda belum mengetahui celah dari marketing online juga akan sulit mendapatkan pembeli. Namun, bisnis yang satu ini memang tergolong sangat menguntungkan jika pandai dalam penjualan barang. Nah, untuk cara kerja droshipper yang dimulai dari awal adalah sebagai berikut :

  1. Pertama si dropshipper memosting barang beserta spesifikasi kemedia sosial, toko online, atau lainnya
  2. Selanjutnya ada yang tertarik dengan barang yang anda miliki, langsung saja si pembeli tesebut memesan barang pada si penjual
  3. Saat itulah penjual atau pemain dropshipper membeli barang yang akan dia jual kembali, cara ini sangat cocok jika memang barang sedang trends
  4. Terakhir ada kesepakatan si penjual dan pembeli atas barang tadi, dengan sistem perputaran barang tersebutlah akan muncul selisih harga yang akan menyatakan keuntungan nantinya

Kelebihan Dan Keuntungan Dropship

Jika memang anda sudah tahu pengertian dropship maka anda pasti sudah tahu apa yang menguntungkan dari sistem marketing online satu ini. Namun, sistem dropshipper juga ada yang menganggap sama seperti cara reseller, nah itu juga akan saya bahas nantinya. Sekarang ini akan saya bahas mengenai apasih kelebihan jika memilih sistem marketing online yang satu ini.

  • Anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu, keuntunganya bahwa anda akan terhindar dari rugi apapun, sebab itulah bisa dikatakan metode ini sangat murah dan tidak berbahaya.
  • Tidak perlu packing sebab barang yang dijual biasanya sudah dipacking oleh toko yang anda beli, mungkin cara ini memang menghemat waktu dan dana.
  • Anda bisa atur sendiri harganya karena bisa diambil keuntungan dari selisih harga, namun anda tidak boleh mematok terlalu tinggi agar konsumen berminat barang postingan anda.
  • Si Dropshipper tidak perlu memakai toko sendiri maupun toko online, sebab sistem ini kerap dijalankan dengan cara COD atau ketemuan langsung, toko online juga tak perlu membuat karena sudah ada banyak toko online.
  • Anda tidak perlu pusing akan kerugian besae, sebab sistem ini hanya memakai moda jika sudah ada pesanan saja, jadi aman untuk dilakukan.

Kelemahan Dan Kerugian Dropship
Disamping kelebihan, sistem ini juga punya kelemahan karena bisa jadi salah strategi dalam menjalankannya, atau bahkan si dropshipper tidak paham betul mengenai cara marketing online dropship. Bisa dibilang cara ini tidak merugikan, namun ada juga kekurangan dibaliknya sebagai berikut.

  • Keuntungan yang diperoleh relatif, sebab jika pemain dropship tidak tahu celah pasar dan keinginan konsumen, pastinya tidak akan mendapat pembeli sehingga untungnya sedikit.
  • Apabila si pemesan membatalkan pemesanannya tapi dropshipper sudah membeli barang, tentunya itu merugikan walaupun hanya sedikit.
  • Barang yang akan dijual juga bisa berpotensi tidak laku, kerena itulah si dropshipper perlu rajin posting barang baru agar mendapat pemesan.

Contoh Dropshipper

Dalam dropship si pemainnya bisa memakai berbagai cara untuk menjalankannya, contoh dropship bisa dilakukan lewat toko online besar seperti tokopedia, bukalapak yang menyediakan sistem dropship disana. Contoh dropship lainnya juga bisa anda temui diberbagai media penjualan online atau forum penjualan barang tertentu. Namun, yang paling mudah dalam dropship ialah memakai media sosial untuk lapak postingan dengan memakai media sosial yang didalamnya sebuah group jual beli didaerah anda maka akan memudahkan kirim barang.

Itulah mengenai persoalan apa itu dropshipper dan apa pengertian dropship. Tentunya pembahasan mengenai cara kerja dropship sudah saya sampaikan pada postingan tersebut. Bagi anda yang ingin mencobanya boleh saja, asalkan anda perlu belajar mengenai strategi online marketing karena nantinya target penjualan bisa dari daerah lain memakai media online. Oke, semoga anda mengerti mengenai apa itu dropship dan contoh dropship diatas, sampai jumpa pada postingan berikutnya.

%d blogger menyukai ini: